Jumat, 26 November 2010

JENDELA PENDIDIKAN

MENDONGKRAK NILAI DENGAN BIMBINGAN TES

Ada banyak istilah yang menggunakan kata bimbingan. Misalnya bimbingan belajar, bimbingan rohani, bimbingan tes, dan lain-lain. Namun tulisan ini secara khusus akan menyoroti masalah bimbingan tes.

Bimbingan tes adalah bimbingan belajar yang diberikan oleh guru sekolah di luar jam pelajaran, biasanya terutama membahas mengenai soal-soal tes. Ya, tujuan bimbingan tes adalah untuk mendongkrak atau meningkatkan prestasi siswa. Karena itu bimbingan tes sangat perlu bagi para siswa yang nilainya di bawah KKM.

Bahan bimbingan tes adalah bahan-bahan ulangan harian dan tes mid semester atau semester. Seperti di SMP Maria Goretti, bimbingan tes merupakan kegiatan rutin di luar jam pelajaran. Kegiatan ini terutama dilakukan menjelang ujian akhir/ ujian nasional bagi siswa kelas IX, atau menjelang tes semester bagi siswa kelas VII-VIII.

Agar bimbingan tes dapat berhasil dengan maksimal, maka setiap siswa harus berusaha mengikuti bimbingan tes ini dengan sungguh-sungguh, yaitu mau mengerjakan tugas dari guru dengan sebaik-baiknya. # Bp. Kris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar